Minggu, 20 November 2016

Sudah kenal dengan lumut (Bryophyta)Ini ciri-cirinya

Sudah kenal dengan lumut (Bryophyta)? Ini ciri-cirinya


Cara Hemat Pererat Pertemanan dengan JalanJalan Apakah anda sukai lihat tanaman serta bercocok tanam? Kingdom Plantae (tumbuhan) yaitu satu diantara kingdom yang memiliki sangat banyak anggota. Bermacam tumbuhan dalam pengetahuan Biologi diklasifikasikan jadi beberapa divisi. Divisi dibagi lagi pada tingkatan yang lebih rendah mencakup kelas, bangsa, suku, marga, serta type.


Ada 2 divisi dalam kingdom ini, yakni tumbuhan tak berpembuluh serta tumbuhan berpembuluh. Tumbuhan tak berpembuluh terbagi dalam lumut (Bryophyta) serta lumut kerak (Lichenes). Kesempatan ini, yuk kita ulas mengenai ciriciri tumbuhan yang termasuk juga dalam Bryophyta (lumut). Yuk simak penuturannya berikut ini :


telah memiliki susunan pelindung (kutikula serta gametangia)

susunan badannya memiliki generasi gametofit

sperma di produksi oleh anteridium serta ovum di produksi oleh arkegonium

umum hidup di tempattempat yang lembap serta tak terserang sinar matahari, seperti dinding bata basah, tebing, atau di kulit kayu yang lembab

belum memiliki batang, daun serta akar yang sebenarnya

telah miliki buluhbuluh halus sejenis akar yang dimaksud rizoid

telah mempunyai klorofil, hingga ia telah dapat menghasilkan makanannya sendiri


Sama dengan tumbuhan lain, lumut dapat juga berkembang biak. Lumut bisa berkembang biak lewat cara aseksual serta seksual. Ke-2 langkah pembiakan itu berjalan silih bertukar hingga berlangsung perubahan keturunan atau pergiliran keturunan (metagenesis). Begitu menarik, kan? Lewat cara tersebut lumut saat ini dapat ada dimanamana. Bryophyta dapat dibagi lagi jadi :


Kelas Hepaticopsida (Lumut Hati)

Kelas Anthoceropsida (Lumut Tanduk)

Kelas Bryopsida (Lumut Sejati atau Daun)


Dengan tahu typejenis tumbuhan, anda dapat belajar banyak serta mengambil hikmah. Anda juga dapat turut melestarikan keindahan alami tumbuhan yang ada di Bumi. Yuk belajar semakin banyak mengenai Kingdom Plantae!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar